HUKUM DAN KEADILAN
Dipublikasikan pada 07 Januari 2023
2 min baca

Bacaan: Mazmur 72

Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja dan keadilan-Mu kepada putera raja! (Mzm. 72:1)

Hukum atau aturan dan peraturan adalah kebutuhan manusia dalam kehidupan sosial. Kita bisa membayangkan bagaimana liarnya sebuah keluarga yang hidup tanpa aturan. Demikian juga masyarakat yang hidup tanpa hukum. Hukum adalah kristalisasi dari values atau nilai-nilai utama yang menjadi kebajikan.

Mazmur yang kita baca hari ini berisi doa-doa Daud, baik kepada dirinya sebagai seorang raja maupun kepada anaknya yang kelak menjadi raja. Daud meminta supaya Allah memberikan hukum Tuhan kepada raja dan keadilan kepada putra raja. Doa ini memperlihatkan bahwa keadilan tidak mungkin terwujud tanpa hukum. Artinya, hukum ada untuk mewujudkan keadilan. Bila keadilan terwujud, harmoni juga akan terjadi. Menariknya, hukum yang dimintakan oleh Daud ini adalah hukum Tuhan, bukan sekadar hukum yang dibuat oleh manusia. Hukum Tuhan itu bukan untuk membinasakan, melainkan menghidupkan. Karena itu, hukum yang utama dan terutama adalah hukum kasih. Kasih menjadi values yang menerangi keadilan.

Kita semua harus mendoakan para pemimpin, baik gereja maupun negara, supaya berpikir dan bertindak sesuai hukum demi menciptakan keadilan. Bahkan, kita perlu mendidik anakcucu kita sejak dini untuk hidup sesuai hukum Tuhan dan hukum yang berlaku dalam masyarakat supaya mereka dan kita sendiri menjadi pribadi-pribadi bijak. Hidup akan menjadi lebih indah ketika manusia menghormati hukum dan keadilan.

REFLEKSI:

Hukum Tuhan memberi penerangan bagi nurani, hukum negara menolong kita hidup dengan baik dan tertib. Keduanya seiring sejalan.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
6 Orang Membaca